Pemanfaatan TIK di SMAN 1 Pare

Menakjubkan , Teknologi berkembang dengan sangat pesat bagai air bah yang tak terbendung. Bahkan dewasa ini semua jenis kegiatan dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi kususnya
Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK).

Tak mau ketinggalan SMAN 1Pare atau yang akrab disapa masyarakat SMANSA juga telah memanfaatkan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam segala aspek. Misalnya saja dalam kegiatan belajar mengajar, para Guru pengajar yang terampil mereka berusaha mengkolaborasikan antara materi yang mereka bawakan dengan TIK. Diantaranya dengan memanfaatkan LCD proyektor sebagai media pembelajaran yang mudah dah menyenangkan akan tetapi tak mengurangi rasa keseriusan dalam belajar.

Selain itu para siswa juga dimudahkan dengan adanya TV kabel. Tv kabel ini merupakan program sekolah yang diberi bernama SGIE (SMANSA Digital Education). Dengan tujuan pokok yaitu materi pembelajaran berasal dari live program tv education.

Pemanfaatan TIK di SMANSA tidak terbatas pada saat proses belajar mengajar saja. Akan tetapi teknologi informasi dan komunikasi ini juga dimanfaatkan untuk mempermudah pengelolaan manajemen sekolah. Seperti yang tertera dalam buku akademik siswa, salah satu diantaranya adalah mengembangkan program computer untuk mendukung pengelolaan administrasi sekolah dalam sebuah paket yang disebut Paket Aplikasi Sekolah (PAS). Paket aplikasi sekolah ini terdiri dari modul-modul: Referensi, Administrasi Sekolah, SMS Server, bahkan sampai penerimaan siswa baru pun diatur dalam paket ini.

Tak kalah serunya SMAN 1 Pare juga menerapkan basis ICT (Information Comunication and Technology) ini pada perpustakaannya juga lo. Hematnya jika kita ingin berkunjung ke perpustakaan SMAN 1 Pare kita takperlu lagi susah-susah mencari ataupun membaca buku, lho kok gitu. Iya, karena untuk mencari dan membaca buku kita cukup akses Digital Library SMANSA. Dengan fasilitas ini kita dapat melakukan semua aktifitas sekaligus seperti mencari buku, membaca, order, ataupun order peminjaman secara online. Wah hebat banget bukan.

Tidak sampai disitu saja SMAN 1 Pare juga telah mengembangkan program ICT lainnya. Tentunya yang lebih wah. Program itu adalah Intranet dan Internet. Yang dapat diakses tidak hanya melalui kabel saja, akan tetapi juga dapat di akses lewat nirkabel dengan memanfaatkan teknologi Hotspot/Broadband. Dengan kata lain hanya dengan laptop atau handphone bahkan Ipod sekalipun kita sudah dapat berselancar di dunia maya. Dan dengan adanya intranet dan internet ini kita diharapkan bisa belajar secara mandiri dan lebih optimal.

Ada apasaja di intranet SMAN 1 Pare?. Ini yang paling seru, di intranet SMAN 1 Pare kita dapat mengakses semua materi pelajaran yang telah diajarkan oleh guru. Bahkan kita juga dapat mendownload materi yang akan diajarkan. Asik dan mudah kan. Jadi kita tak perlu kawatir akan ketinggalan materi pelajaran yang telah diajarkan oleh guru plus mendapat informasi terbaru dari SMANSA.

Lalu persoalannya bagaimana jika kita berada di luar area SMAN 1 Pare???. Untuk masalah ini kita sudah tidak perlu kawatir lagi, dimanapun kita berada entah diluar sekolah bahkan diluar negeri sekalipun. Ini karena SMANSA telah memiliki website resmi. Dengan mengakses website tersebut kita masih tetap bisa mendapat kan informasi-informasi seputar SMANSA. Yang tentunya bukan berita-berita basi karena website ini selalu di update tiap harinya lo. Ingin tau lebih banyak tentang SMAN 1 Pare atau sekedar ingin lihat-lihat, klick saja disini » http://www.sman1-par.sch.id.

Selain itu SMAN 1 Pare juga memberikan fasilitas free Email (Email gratis) bagi siswa-siswi, guru, dan para karyawan SMAN 1 Pare.yang setiap account memiliki kapasitas kurang lebih 2GB dan fasilitas ini didukung penuh oleh google (Gmail). So gak perlu susah-susah lagi, karena kita juga bisa mengirim tugas dari guru Via email. Nah hebat bukan fasilitas ICT (Information Comunication and Technology) di SMANSA yang serba wah. Makannya ingin kuasai dunia kuasai dulu teknologi. Wassalam.

0 comments:

Post a Comment